Kelebihan dan Kekurangan dari Desain Ruang Kerja Kantor Terbuka

Kelebihan dan Kekurangan dari Desain Ruang Kerja Kantor Terbuka

Tata ruang kantor terbuka atau open office layout yang sedang populer dikala ini memberikan revolusi besar dalam desain ruang kantor. Yang tak jarang kita tahu yakni ruang kantor terbuka ini memberikan keleluasaan lebih bagi para karyawan untuk berinteraksi.

Berikut ini yakni sebagian kekurangan dan kelebihan ruang kantor terbuka yang dapat Anda ketahui:

Kelebihan Desain Tata Ruang Kantor Terbuka
Dekorasi kantor dengan desain tata ruang kantor terbuka mempunyai sebagian kelebihan diantaranya :

Budget lebih ekonomis
Tentunya dengan ruangan terbuka berarti tak ada perpisahan meja kerja antar karyawan. Ini membikin budget ekonomis. Dan juga bisa menampung lebih banyak orang di ruangan.

 

Pertukaran Pandangan Pesat
Jarak yang dekat antara karyawan membikin mereka lebih pesat dan gampang untuk saling bertukar pikiran sekalian meningkatkan produktivitas. Konsep tata letak ini meningkatkan pertukaran pandangan baru dengan sistem yang sungguh-sungguh gampang.

 

Pengawasan yang gampang
Desain ini juga bisa mempermudah manajer dan supervisor untuk mengawasi dan memberi bimbingan para karyawan dengan sistem yang lebih efisien. Ya lagi-lagi sebab jarak yang dekat seluruh lebih gampang.

Sekarang, manajer atau supervisor tak patut berjalan keliling dari satu ruangan ke ruangan lainnya untuk mengerjakan pengawasan atau minta feedback dari karyawan. Pengawasan yang pesat kemudian menolong untuk memecahkan permasalahan dengan lebih pesat.

 

Meningkatkan Komunikasi
Sisi positif dari tak adanya dinding antara karyawan yakni keleluasan berinteraksi komunikasi antar karyawan. Seluruh orang berada di daerah yang sama, tak banyak waktu yang terbuang dalam berkomunikasi. Membikin tepat sasaran dan efisien.

Baca Juga: Mengulas lebih dalam tentang interior contractor jakarta terbaik, Gema Intermulia

 

Meningkatnya Relasi Kerja
Dengan jangkauan yang dekat membikin atasan dan karyawan labih dekat, dalam arti kekerabatan akan terjalin kian bagus. Kemudian, situasi ini secara seketika juga memaksimalkan lingkungan kerja yang positif.

Seandainya karyawan merasa berbahagia, karenanya produktivitas mereka secara natural juga akan meningkat.

 

Profesi Lebih Gampang dan Pesat Dipecahkan
Manajer akan lebih gampang memantau proyek sebuah regu yang sedang berjalan seandainya ruangan kantor didesain dengan konsep ini, sebab memungkinkan untuk melacak perkembangan tiap-tiap member yang terlibat. Kabar dan usulan menjadi lebih gampang disalurkan satu sama lain.

 

Fasilitas dan Tarif Berhubungan bisa lebih ekonomis
Kantor yang sentral bisa memungkinkan berkurangnya fasilitas seperti AC dan tarif listrik, sehingga ikut serta juga menekan tarif yang patut dikeluarkan. AC yang dipasang secara sentral bisa mengurangi anggaran diabndingkan tarif AC pada tiap-tiap ruangan (desain tata ruang kantor tertutup).

 

Sinar gampang masuk dan udara gampang beredar.
Sebab ruangan kantor ini terbuka, karenanya ruangan akan terasa lebih luas dan juga udara yang masuk lebih gampang. Sinar natural juga gampang masuk sebab tak ada ruangan yang disekat sekat oleh dinding pembatas. Membikin pikiran lebih bening dengan adanya sinar dan udara yang masuk.

 

Perubahan Interior Lebih Gampang Dikerjakan
Perubahan akan terus terjadi mencontoh perkembanagn kantor. Interior malahan kadang-kadang mengalami sedikit perubahan bila seandainya ada penambahan atau pengurangan karyawan.

Desain tata letak ruang kantor terbuka mempermudah untuk menambah atau malah mengurangi meja dan tempat duduk.

 

Kekurangan Desain Tata Ruang Kantor Terbuka

Kecuali menawarkan sebagian kelebihan yang telah diceritakan di atas, ada sebagian kekurangan dari desain tata ruang kantor terbuka. Apa saja kekurangannya, berikut ini sebagian kekurangan desain tata ruang kantor terbuka.

 

Memunculkan bunyi ribut
Berfokusnya banyak orang dalam satu daerah yang sama tanpa adanya pembatas dapat mengganggu orang lain. Seperti, bunyi orang berdialog, telepon, alat ketik dan “polusi” bunyi lainnya terdengar terang. Bunyi keributan hal yang demikian akan mengganggu kenyamanan.

 

Membikin Fokus Terganggu
Tak adanya ruangan privat membikin fokus karyawan terganggu. Apalagi karyawan yang memerlukan fokus tinggi, mereka akan menyelesaikan konsentrasi karyawan lain.

Sebab ini kemudian secara seketika malahan menurunkan produktivitas mereka terutamanya pada orang-orang yang tak dapat berprofesi dalam situasi berisik.

 

Kurangnya Keamanan
Akan mengurangi keamanan untuk profesi yang bersifat rahasia. Sebab, tak ada privasi dan keamanan yang ketat dalam tata ruang kantor terbuka sehingga tiap-tiap karyawan patut menjaga dengan benar tugas dan barang mereka di meja masing-masing.

 

Tak Ada Ruang Pribadi
Seperti namanya tata ruang kantor terbuka, ini tak memungkinkan tiap-tiap karyawan untuk mengerjakan percakapan pribadi yang bersifat rahasia. Sebab seluruh orang akan mendengar percakapan Anda.

Solusinya, karyawan patut keluar ruangan dan mencari daerah tertutup, semisal kamar mandi, untuk menelepon (pribadi).

 

Rawan Terjadi Semakin
Kontra banyak orang diruangan hal yang demikian karenanya ssemakin banyak anggapan yang patut menjadi satu bunyi. Semakin akan tak jarang terjadi, seperti karyawan yang satu mungkin saja tak sepakat dengan pembatasan lampu, suhu AC, pemilihan pewangi ruangan dan sebagainya. Sebab ini sungguh-sungguh biasa terjadi.

Hierarki antara senior dan junior sirna seandainya ruangan kantor didesain dengan konsep terbuka. Sebab ini dapat menjadikan perasaan yang negatif bagi mereka sehingga menurunkan produktivitas.

Anda mengenal kekurangan dan kelebihan ruangan kantor, kini Anda bisa memastikan macam kantor mana yang sesuai untuk kantor Anda. Untuk menolong desain yang sesuai karenanya berikut yakni desain kantor dari bermacam-macam rujukan.

Baca Juga: Mengapa kita harus menggunakan jasa desain interior untuk desain hunian?