Merancang Ulang Kantor Pusat Google di California

Google kesudahannya membongkar desain pembangunan kantor sentra baru mereka di California, Amerika Serikat. Markas besar mereka ini dirancang bersama oleh arsitek asal Inggris, Thomas Heatherwick dan Bjarke Ingels asal Denmark. Berbeda dengan rancangan sebelumnya, desain terkini mengintegrasikan kehidupan satwa liar dan alam. Termasuk di dalamnya taman yang rimbun oleh pohon-pohon, trek sepeda, serta sebagian bangunan yang dapat dipindah-pindahkan laiknya mainan LEGO.

Desain ulang kantor sentra Google di Mountain View ini hadir sebagai jawaban terhadap publik yang penasaran dengan sengitnya persaingan sesama perusahaan teknologi berita merupakan Apple, dan Facebook. Apple mempunyai bangunan ikonik yang berada di jantung wilayah dengan fitur bekennya kampus angkasa atau spaceship.

Demikian halnya dengan ekspansi kampus Facebook yang didesain “midas arsitektur” Frank Gehry. Google, yang sebelumnya patut menghadapi penolakan dari penduduk setempat, mengatakan desain baru ini dialamatkan untuk “memikirkan kembali ruang kantor virtual office jakarta murah.” “Seperti yang sudah kita huni bermacam daerah kerja, termasuk sebuah garasi di Menlo Park California, sebuah rumah di Denmark dan segala kota New York, kami sudah belajar sesuatu perihal hal yang dapat membikin ruang kantor menjadi lebih besar,” ujar Wakil Presiden Google Real Estate, David Radcliffe.

Alih-alih membangun gedung-gedung beton permanen, dan tak bergerak, Google akan mewujudkan struktur blok ringan yang bisa dipindahkan dengan gampang. Skema ini persis seperti yang mereka lakukan dikala berinvestasi di bidang produk baru. “Agenda hal yang demikian mencakup kanopi besar di atas kampus yang bisa mengendalikan iklim, polusi, dan bunyi.

Kecuali itu, desain baru ini juga membebaskan ruang dari keterbatasan arsitektur tradisional seperti dinding, jendela dan atap,’ tutur Radcliffe. Terobosan dalam mendobrak tradisionalitas bangunan, tambah Radcliffe, bertujuan untuk mengaburkan perbedaan antara bangunan dan alam. Desain baru ini, berdasarkan ia, telah diajukan ke dewan kota untuk disetujui.