Film Kartun Pertama Walt Disney

walt disney

Salinan film Walt Disney yang sudah lama sirna, baru-baru ini ditemukan di Jepang. Film bersejarah bagi Disney itu memperlihatkan sebuah karakter yang dihasilkan sebelum Mickey Mouse.”Neck ‘n’ Neck” yakni sebuah kartun pendek hitam putih yang memperlihatkan Oswald the Lucky Rabbit, sebuah karakter yang dihasilkan Walt Disney di 1972. Karakter ikonik Mickey Mouse barulah timbul di tahun selanjutnya.

Ketika film berdurasi dua menit itu dirilis di Amerika Serikat, sebagian salinannya dilaporkan telah menempuh Jepang.

Berdasarkan laporan The Asahi Shimbun, Yasushi Watanabe, yang ketika itu masih siswa sekolah menengah, membeli salah satu salinannya di sebuah kios mainan di Osaka sekitar 70 tahun lalu seharga ¥500 atau sekitar Rp64 ribu ketika ini. Film hal yang demikian dikasih judul bahasa Jepang yang berarti “Mickey animasi kencang.” – www.ichthusschool.com

Watanabe ketika itu tak menyadari alangkah signifikan pembelian yang dikerjakannya, hingga dia membaca buku berjudul Oswald the Lucky Rabbit: Pencarian Animasi Disney yang Sirna puluhan tahun kemudian.Pembuat film David Bossert, mantan pejuang penggiat seni efek visual di Walt Disney Company, menerbitkan buku itu di 2017. Bossert menulis, Walt Disney membikin sempurna 26 salinan film pendek Oswald the Lucky Rabbit, melainkan cuma 19 yang ditemukan.

Diberitakan dari website Nextshark, buku itu menceritakan bahwa kolektor dan sanggar film sendiri telah lama mencari salinan yang sirna dari sisa tujuh film yang ada selama 90 tahun terakhir.

Watanabe yang sekarang berusia 84 tahun, kemudian menghubungi penulis dan Arsip Walt Disney. Dia menginfokan jikalau ia mempunyai salinan Neck ‘n’ Neck. Dalam film pendek itu, Oswald dan sahabatnya mengendarai kendaraan beroda empat dan dikejar oleh anjing polisi yang mengendarai motor.

“Aku telah menjadi penggemar Disney selama bertahun-tahun dan aku gembira dapat berperan dalam penemuan kreatif ini,” kata Watanabe.

Temuan film itu bagi Bossert yakni hal yang menggembirakan dan mengucapkan jikalau dia berharap menayangkan film hal yang demikian ke sekelompok akademisi di sebuah acara di Los Angeles.

“Kami amat gembira mengenal bahwa salinan dari film yang sirna sebetulnya masih ada,” ujar direktur Arsip Walt Disney Becky Cline. Sesudah membikin satu gulung 27 kartun Oswald, Disney kehilangan hak atas karakter hal yang demikian terhadap Universal Sanggar di 1928.