MESIN GERGAJI: JIGSAW & CIRCULAR SAW

MESIN GERGAJI: JIGSAW & CIRCULAR SAW
Ada dua tipe mesin gergaji listrik hand held untuk bidang wood working atau proses kayu, adalah Jig Saw dan Circular Saw.

Kedua perkakas potong elektrik ini berbeda fungsi dengan saudaranya, adalah mesin gergaji rantai atau chain saw. Chain saw dipergunakan untuk memotong pohon sebelum kemudian diolah menjadi bahan baku kayu. Chain saw lazimnya dioperasikan oleh mesin dengan bahan bakar minyak. Dari wujud jasmaniah, meski keduanya dioperasikan dengan dikendalikan oleh tangan (handheld), kedua perkakas listrik ini terang nampak perbedaannya. Tipe yang pertama mempunyai mata gergaji yang lurus, walaupun tipe kedua mempunyai mata gergaji yang melingkar.

Baca juga : gergaji mesin

JIG SAW

Jig Saw merupakan gergaji listrik dengan gerakan mata gergaji naik-turun. Mesin gergaji ini mempunyai ukuran dimensi yang lebih kecil dan muatan yang lebih ringan dibandingi mesin gergaji circular. Mata gergajinya tipis dan lurus sehingga sesuai untuk memotong kayu yang tak terlalu tebal seperti tripleks. Diaplikasikan untuk mengerjakan pemotongan melingkar, melengkung, berliku-liku, maupun zig-zag pantas wujud yang diharapkan. Biasanya mengonsumsi listrik lebih kecil dibandingi Circular Saw. Mempunyai dua tipe mata gergaji, adalah kasar dan halus. Mata gergaji kasar, untuk pemotongan pesat tapi alhasil kasar sehingga perlu pengerjaan pengamplasan lebih lama. Mata gergaji halus untuk pemotongan lebih lambat dengan hasil yang lebih halus.

Material potong juga bukan cuma terbatas pada kayu saja, tapi tergantung tipe mata gergajinya. Zona kerja tak perlu terlalu luas. Mesin gergaji ini tak sesuai untuk memotong kayu yang lurus, tebal dan panjang, sebab akan memakan waktu lebih lama, dan akan mempercepat keausan mata gergaji, Mata gergaji jigsaw lebih pesat aus dibandingi mata gergaji circular. Harganya lebih murah dibandingi mesin gergaji circular.

CIRCULAR SAW

Circular Saw merupakan gergaji listrik dengan gerakan mata gergaji berputar pada porosnya. Mesin gergaji ini mempunyai ukuran dimensi yang lebih besar dan muatan yang lebih berat dibandingi mesin gergaji jig saw. Mata gergaji lebih tebal dan melingkar sehingga sesuai untuk memotong kayu yang tebal. Kian besar radius mata gergaji, kian tebal kayu yang bisa dipotongnya. Diaplikasikan untuk mengerjakan pemotongan lurus dan panjang. Biasanya mengonsumsi listrik lebih besar dibandingi jig saw.

Artikel terkait : mesin steam

Hasil potongnnya lebih kasar dibandingi mesin gergaji jig saw sehingga membutuhkan pengerjaan pengamplasan yang lebih lama dibandingi hasil potong mesin gergaji jig saw. Material potong juga bukan cuma terbatas pada kayu saja, tapi tergantung tipe mata gergajinya. Perlu zona kerja yang lebih luas, sebab pemotongannya lurus dan panjang. Mesin gergaji ini tak sesuai untuk memotong kayu secara melingkar, melengkung, berliku-liku, maupun zig-zag. Mata gergajinya lebih bendung lama dibandingi mata gergaji jig saw. Ketahahan ini diberi pengaruh oleh perawatan dan pengasahan yang bagus dan pas. Harganya lebih mahal dibandingi mesin gergaji jig saw.