Oleh-Oleh Khas Ambon

Kecuali dari elemen tamasya, Ambon yang yakni ibukota dari Maluku juga menaruh hal menarik lainnya, ialah oleh-oleh yang dapat kau bawa pulang untuk dikasih pada keluarga dan sahabat kau. Apa saja oleh-oleh yang dapat dibeli di Ambon? Seketika saja simak oleh-oleh asal Ambon di bawah ini.

Kerajinan Kerang Khas Ambon
Kerang yang didapatkan dari laut kecuali dapat dimakan, dapat juga diciptakan sebagai kerajinan tangan yang menawan dan bernilai seni tinggi. Sebagian kerajinan yang dihasilkan dari kerang antara lain ialah kalung, cincin, gelang, bros, gantungan kunci, hingga hiasan dinding. Harganya juga bervariasi, dari yang termurah hingga yang termahal. Tentunya, kerajinan kerang yang mahal mempunyai mutu terbaik dibandingi harga yang lebih murah.

baca juga >>> Souvenir pulpen

Kopi Sibu-sibu
Buat pecinta kopi, berkunjung ke Ambon tanpa mencicipi kopi sibu-sibu bagaikan sayur tanpa garam, serasa ada yang kurang. Kopi khas Ambon ini sebetulnya ialah kopi robusta yang dihaluskan, tetapi penghalusannya masih dijalankan dengan metode yang tradisional. Yang unik dari kopi ini ialah adanya bubuk kenari halus dan bubuk cengkeh halus yang dicampurkan ke dalam kopinya, sehingga menjadikan cita rasa tersendiri.

Rujak Natsepa
Rujak memang makanan yang tersedia di segala Indonesia. Seandainya kau sedang berada di Ambon, karenanya kau seharusnya mencicipi rujak natsepa. Sesungguhnya rujak ini mirip dengan rujak kebanyakan, ialah berisikan potongan buah segar dan ditambah dengan saus cabe pedas dan gurih. Bedanya, di rujak ini kau dapat memilih sendiri tingkat kepedasannya.

Ikan Kuah Pala
Makanan yang satu ini dihasilkan dari bahan dasar ikan segar dengan kuah yang kaya bumbu rempah. Sebab makanan ini berkuah, karenanya makanan ini lebih layak dimakan dikala sedang dalam perjalanan pulang, dan kurang layak sekiranya diciptakan sebagai oleh-oleh untuk di rumah. Melainkan, tidak ada salahnya sekiranya kau berharap mewujudkan makanan ini sebagai oleh-oleh.

Ikan Asap
Dibandingi makanan sebelumnya, ikan asap ini lebih layak diciptakan oleh-oleh, sebab ikan asap ini yakni makanan kering, sehingga dapat dimasukkan ke dalam plastik untuk kemudian dibawa pulang. Ikan asap khas Ambon ini memang menjadi salah satu oleh-oleh paling populer di Ambon. Sesudah dibawa pulang, jangan lupa untuk dihangatkan terutama dahulu sebelum dikonsumsi.

Cabe Colo-colo
Cabe khas Ambon yang dihasilkan dari cabai rawit, tomat muda, bawang merah, seledri, garam dan air perasan jeruk nipis ini layak diciptakan sebagai ‘pasangan’ dari ikan asap plus nasi putih. Cabe ini telah dipasarkan dalam format kemasan, seperti plastik atau kaleng, sehingga layak dibeli sebagai oleh-oleh untuk orang rumah supaya dapat menikmati saus cabe khas Ambon.

Papeda
Papeda ialah makanan yang terbuat dari tepung sagu dengan tekstur yang lengket seperti perekat. Melainkan hening saja, sebab ini masih dapat dimakan dan tak membahayakan. Makanan ini dapat dimakan sebagai substitusi nasi. Umumnya, papeda ini dikenalkan bersama dengan ikan kuah kuning di Ambon. Makanan ini seharusnya kau cicipi paling tak sekali seumur hidup.

yang lain disini —-> pulpen promosi

Nasi Lapola
Seandainya di Jawa ada nasi uduk dan nasi kuning, karenanya di Ambon ada Nasi Lapola. Nasi ini ialah campuran nasi separuh matang dengan kacang tolo, parutan kelapa dan juga tambahan garam. Kemudian, nasi hal yang demikian dimasak kembali sampai matang. Sama seperti ikan kuah pala, sebaiknya nasi lapola ini dimakan segera sebab dapat kencang basi.

Aneka Olahan Sagu
Ambon yakni penghasil sagu terbesar di Indonesia, sehingga tidak heran banyak ditemukan makanan olahan yang terbuat dari sagu, seperti bubur sagu ubi, talam sagu bakar, woku komo-komo dan kudapan manis sagu kering. Sebagian di antaranya dapat kau jadikan sebagai oleh-oleh, seperti kudapan manis sagu kering, sementara lainnya tidak layak diciptakan oleh-oleh sebab seharusnya segera dimakan.

Manis Kering Kenari
Terakhir, ada kudapan manis kering kenari yang dapat kau beli sebagai oleh-oleh dari Ambon. Manis kering kenari ini ialah kudapan manis dengan format lembaran, dengan taburan cincangan kacang kenari. Kecuali kenari, kau juga akan menemukan kacang almond. Dapat kau bayangkan alangkah gurihnya kudapan manis khas Ambon ini.

Seandainya kau sedang jalan-jalan ke Ambon, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh di atas ya.

 

Selengkapnya disini ya : Souvenir Kantor