Mendingan bus atau Mobil pribadi?

Berdasarkan riset terkini dari Institut Penelitian Kesehatan Masyarakat Université de Montréal Kanada, menumpang bis jauh lebih aman daripada mengendarai kendaraan beroda empat ke daerah tujuan. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah diterbitkan dalam Journal of Urban Health, dua minggu lalu, naik bis juga memberikan rasa lebih aman bagi pengendara sepeda dan pejalan kaki yang bepergian di sepanjang rute yang sama.

Penelitian ini melihat risiko cedera di sepanjang 10 rute bis tersibuk di Pulau Montreal. Akhirnya, mereka memperlihatkan bahwa risikonya empat kali lebih besar bagi pengguna kendaraan beroda empat dibanding penumpang bis.

Info sewa bus disini : Bus Pariwisata

Kecuali mengamati rute tertentu, penelitian ini ialah yang pertama untuk membandingi efek penerapan kendaraan beroda empat dan bis pada keselamatan pejalan kaki dan pengendara sepeda. Per kilometer perjalanan, perjalanan kendaraan beroda empat dihubungkan dengan lebih banyak cedera pejalan kaki (empat kali lebih), cedera sepeda (lima kali lebih), serta cedera fatal dan parah (lima kali lebih) dibandingi dengan perjalanan bis.

Ada 28 kali lebih banyak orang yang terluka parah di dalam kendaraan beroda empat (278 lebih dari 10 tahun, termasuk 19 kematian) dibanding penumpang bis (10 luka berat, tak ada korban jiwa). Langsung puluh dua pejalan kaki dan tiga pengendara sepeda tewas oleh kendaraan beroda empat dibandingi dengan empat pejalan kaki dan nol pengendara sepeda dengan bis.

Sebab, kenapa perjalanan bis lebih aman? Pertama, pengemudi terlatih secara profesional. Kedua, mereka berkendara lebih lambat ketimbang kendaraan beroda empat. Ketiga, bis mengerjakan perjalanan sepanjang rute yang ditetapkan dan lazim berada di jalanan yang benar, yang membuatnya lebih dapat diprediksi dalam lalu lintas.

Keempat, bis yang jauh lebih sedikit ketimbang kendaraan beroda empat dibutuhkan untuk mengangkut orang yang berjumlah sama. Waktu itu, berdasarkan penelitian ini, pengalihan ke arah angkutan biasa akan menolong mengurangi jumlah cedera.

Padahal penelitian yang diteliti merupakan semenjak 2001 sampai 2010. Dalam jangka waktu itu diperkirakan bahwa perjalanan bis sepanjang 10 rute ini menyelamatkan 1.805 penumpang kendaraan, 156 pesepeda, dan 476 pejalan kaki dari cedera.

“Hal mendasar ialah pejalan kaki, pengendara sepeda, dan penghuni kendaraan bermotor beberapa besar terluka di mana kecepatannya paling tinggi dan di mana terdapat banyak kendaraan, di arteri utama,” kata penulis utama penelitian ini, Patrick Morency. “Solusinya? Struktur permanen untuk mengurangi kecepatan dan angkutan biasa,” kata Morency, yang juga menjadi pembantu profesor klinis di IRSPUM dan berprofesi di Departemen Kesehatan Publik Montreal.

Dibantu oleh rekan-rekan dan bersama orang lain di Réseau de Transport Métropolitain (RTM) serta Sociéte de transport de Montréal (STM), Morency mengamati data tubrukan dan cedera pada hari kerja yang dibentuk dalam laporan polisi ke dewan asuransi kendaraan beroda empat Quebec, SAAQ, antara 2001 dan 2010. Selama jangka waktu itu, perjalanan kendaraan beroda empat di 10 rute mendonasi empat kali lebih banyak kilometer penumpang per tahun ketimbang perjalanan bis: 1,3 miliar versus 257 juta.

Perjalanan kendaraan beroda empat sebetulnya jauh lebih tinggi sebab data meliputi segala kendaraan dan tak membedakan kendaraan beroda empat dari truk dan bis besar. “Ketika data kecelakaan lebih baru, sampai 2016 telah tersedia, melainkan tak pas data lalu lintas untuk rute yang diteliti, sehingga penelitian dikala ini patut dikuasai pada 2001-2010,” ujar Morency.

ini Morency bersama dengan Jillian Strauss dan Catherine Morency (Polytechnique Montréal) meneliti kompilasi angka tak cuma untuk 10 rute tersibuk, melainkan juga untuk kawasan metropolitan Montreal. Morency juga sudah mempresentasikan studi terbarunya ini terhadap pejabat transit Montreal. “Kami ingin mereka akan menerapkan analisa dalam kampanye berita publik yang menggembar-gemborkan bukan cuma penghematan, melainkan juga keamanan bepergian dengan bis.”

Masih memilih bepergian dengan membawa kendaraan sendiri? Lebih bagus, pikir-pikir lagi.

 

Mau sewa bus murah dan terlengkap? disini > Sewa Bus Pariwisata