Jual rumah bukanlah hal yang mudah. Selain susahnya untuk mencapai kesepakatan antara penjual dan pembeli, rumahmu tidak bisa laku apabila metode memasarkannya salah.

Tetapi, banyak metode yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan harga jual rumah atau paling tidak menarik minat pembeli. Seperti yang dilakukan orang-orang seperti biasanya, yaitu dengan cara mempercantik rumah.

Seandainya Anda memasarkan melewati agen, mungkin mereka dapat memberikan tips rumah seperti apa yang sedang menjadi incaran pasar.

Jika kamu sudah mengetahuinya, kamu dapat mempercantik rumahmu sesuai dengan pangsa pasar. Segalanya dilakukan demi memberikan kesan menarik untuk si pembeli dan pada akhirnya mereka membeli rumahmu.

Berikut, tujuh tips simpel yang dapat kamu lakukan sebelum memasarkan rumah:

1. Merapikan tanaman di depan pagar
Jika kamu mempunyai banyak pot-pot tanaman di selasar rumah, ada baiknya untuk merapikannya. Ganti pot lama yang telah usang dengan pot baru. Potong ranting-ranting tanaman yang telah menjalar ke mana-mana.

2. Bersihkan bagian luar rumah
Bersihkan komponen luar rumah kamu yang ingin dijual. Sebab tampilan luar adalah hal yang bakal pertama kali diperhatikan calon pembeli. Jika luarnya bersih, pembeli akan berminat untuk memperhatikan lebih jauh ke dalam ruangan. Tetapi, apabila luar kamu kotor, boro-boro deh mereka ingin mampir.

3. Membuang barang-barang yang tidak terpakai
Membuang sebanyak mungkin barang-barang atau furnitur yang telah tak terpakai. Pasalnya, hal-hal yang demikian dikhawatirkan akan membuat rumah kamu nampak acak-acakan. Kamu kan ingin jual rumah, bukan jual kapal pecah!

4. Cat ulang
Seandainya warna cat rumah yang ingin dipasarkan telah usang, ada bagusnya mengerjakan pengecatan ulang. Tetapi, pakai warna yang lebih netral. Sesudah dicat ulang, tampilan rumah kau dijamin jadi lebih fresh, dan kian menarik meminta pembeli.

5. Membetulkan masalah kecil lainnya.
Sebelum memasarkan rumahmu, hal lain yang perlu dikerjakan merupakan mengerjakan maintenance alias pemeliharaan. Contohnya, keran bocor, ubin yang mulai retak, dinding yang lembap, atau gagang pintu yang rusak. Ini mungkin sedikit remeh bagi kau, melainkan sebagian calon pembeli menganggap ini sebagai dilema besar.

6. Rencanakan tata ruang
Gak ada salahnya merenovasi secara khusus dulu sebelum memasarkan rumah kamu. Langkah ini dikerjakan demi meningkatkan harga jual, juga menarik atensi pembeli. Coba kamu konsultasikan dengan arsitek dalam mengerjakan renovasi, kira-kira rumah seperti apa yang diidamkan pasar ketika ini. Kamu juga dapat menanyakan seperti apa tata letak dan ukuran ruangan yang tepat saat ini.

Itulah tadi beberapa langkah yang dapat kamu lakukan sebelum akan menjual rumah lamamu. Memasarkan rumah itu memang bukanlah hal yang mudah, tetapi kamu dapat membuatnya menjadi lebih mudah dengan tips diatas.

Kunjungi Juga: Rumah Dijual Di Sentul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *